hujan salju

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Jumroni269.blogspot.com

Kamis, 13 November 2014

LAPORAN PENDAMPINGAN DAN CONTOH LAPORAN PENDAMPING SERTA KURIKULUM 2013

Seperti biasanya setiap hari Kamis di Gugus Dewi Sartika dilakukan pendampingan kurikulum 2013 dengan materi sesuai diklat yang telah disampaikan oleh IN (instruktur) yang telah ditunjuk untuk daerah masing-masing.

Secara Umum materi pendampingan  SD adalah sama dengan materi pendampingan di  SMP dan SMK/SMA sama perbedaanya terletak pada pengaplikasian di satuan pendidikan masing-masing.


MATERI PENDAMPINGAN

Kegiatan pendampingan implementasi kurikulum 2013 difokuskan pada fasilitasi penerapan kurikulum 2013 oleh guru dan kepala sekolah di satuan pendidikannya, yaitu di kelas I dan kelas IV SD, Kelas VII SMP, dan Kelas X SMA/SMK. Materi pendampingan yang dilakukan pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru inti terhadap guru mencakup implementasi konsep kurikulum 2013, analisis materi ajar, merancang model dan evaluasi pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Sedangkan pendampingan pengawas sekolah terhadap kepala sekolah difokuskan pada pengelolaan kurikulum 2013, termasuk di dalamnya implementasi pembelajaran tematik terpadu di SD dan SMP (untuk IPA dan IPS), dan mata pelajaran serta peminatan peserta didik di SMA/SMK. Kegiatan pendampingan diarahkan dalam upaya menjamin terselenggara kegiatan pembelajaran yang memperkuat pendekatan ilmiah (scientific ), tematik terpadu (tematik antarmata pelajaran), dan tematik (dalam suatu mata pelajaran) perlu diterapkan pembelajaran berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning) 
, dan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning)  untuk mendorong kemampuan peserta didik menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun kelompok.

 Secara rinci materi-materi tersebut adalah sebagai berikut:
1.Penguasaan konsep pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013, yang mencakup kajian dan diskusi tentang alasan/rasional dikembangkannya dan diberlakukannya kurikulum 2013 serta elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD. Aspek penting berkenaan dengan konsep pembelajaran ini adalah adanya perubahan mindset  dan esensi kurikulum 2013.

2.Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan silabus yang telah disusun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan pendekatan serta strategi pembelajaran di masing-masing jenis dan  jenjang pendidikan.

3.Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan karakteristik jenis dan jenjang pendidikan, seperti pendekatan tematik terpadu di sekolah dasar . disamping itu, fasilitasi kegiatan pembelajaran juga difokuskan pada terwujudnya pendekatan saintiific ,discovery learning, project based, problem based, inquiry learning, dan high order thinking skills , dalam pembelajaran.

4.Pelaksanaan Penilaian sesuai dengan kebutuhan dan kaidah-kaidah penilaian authentic assessment, penggunaan penilaian acuan kriteria, dan portofolio.

5.Pengelolaan Kurikulum bagi kepala sekolah dan pengawas sekolah mencakup fasilitasi perubahan
mindset  berkenaan dengan keterbukaan, keyakinan, dan penerimaan terhadap kurikulum 2013, program membangun budaya sekolah, penyusunan penyusun RKS, pelaksanaaan pengelolaan kurikulum 2013, termasuk pengelolaan pembelajaran tematik terpadu di SD dan SMP, serta pengelolaaan mata pelajaran dan program peminatan peserta didik di SMA/SMK, fasilitasi untuk mewujudkan kepemimpinan pembelajaran dalam pelaksanaan supervisi kademik, evaluasi program, pelaksanakan penataan dokumen/administrasi sekolah yang mendukung keterlaksanaan kurikulum 2013 Disamping materi pendampingan di atas, pelaksanaan pendampingan juga diarahkan pada upaya menghimpun berbagai kendala dan alternatif pemecahan masalah implementasi kurikulum di masing-masing satuan pendidikan. 

BENTUK LAPORAN PENDAMPINGAN DAN KURIKULUM

untuk lebih lengkapnya berikut ini saya lampirkan contoh laporan pendampingan.
bisa di download disini

Sedangkan kurikulum untuk SD Bisa di Download Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar