LAPORAN PENDAMPINGAN DAN CONTOH LAPORAN PENDAMPING SERTA KURIKULUM 2013
Seperti biasanya setiap hari Kamis di Gugus Dewi Sartika dilakukan pendampingan kurikulum 2013 dengan materi sesuai diklat yang telah disampaikan oleh IN (instruktur) yang telah ditunjuk untuk daerah masing-masing.
Secara Umum materi pendampingan SD adalah sama dengan materi pendampingan di SMP dan SMK/SMA sama perbedaanya terletak pada pengaplikasian di satuan pendidikan masing-masing.
MATERI PENDAMPINGAN
Kegiatan pendampingan implementasi kurikulum 2013 difokuskan
pada fasilitasi penerapan kurikulum 2013 oleh guru dan kepala sekolah di satuan
pendidikannya, yaitu di kelas I dan kelas IV SD, Kelas VII SMP, dan Kelas X
SMA/SMK. Materi pendampingan yang dilakukan pengawas sekolah, kepala sekolah,
dan guru inti terhadap guru mencakup implementasi konsep kurikulum 2013,
analisis materi ajar, merancang model dan evaluasi pembelajaran, melaksanakan
pembelajaran, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Sedangkan pendampingan
pengawas sekolah terhadap kepala sekolah difokuskan pada pengelolaan kurikulum
2013, termasuk di dalamnya implementasi pembelajaran tematik terpadu di SD dan
SMP (untuk IPA dan IPS), dan mata pelajaran serta peminatan peserta didik di
SMA/SMK. Kegiatan pendampingan diarahkan dalam upaya menjamin terselenggara
kegiatan pembelajaran yang memperkuat pendekatan ilmiah (scientific ), tematik terpadu (tematik antarmata
pelajaran), dan tematik (dalam suatu mata pelajaran) perlu diterapkan pembelajaran
berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning)
, dan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya
berbasis pemecahan masalah (project based learning) untuk mendorong
kemampuan peserta didik menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun
kelompok.
Secara rinci
materi-materi tersebut adalah sebagai berikut:
1.Penguasaan konsep pembelajaran yang sesuai dengan
kurikulum 2013, yang mencakup kajian dan diskusi tentang alasan/rasional
dikembangkannya dan diberlakukannya kurikulum 2013 serta elemen perubahan
kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD. Aspek penting berkenaan dengan konsep
pembelajaran ini adalah adanya perubahan mindset dan esensi
kurikulum 2013.
2.Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai
dengan silabus yang telah disusun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan
pendekatan serta strategi pembelajaran di masing-masing jenis dan jenjang
pendidikan.
3.Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan karakteristik jenis
dan jenjang pendidikan, seperti pendekatan tematik terpadu di sekolah dasar .
disamping itu, fasilitasi kegiatan pembelajaran juga difokuskan pada
terwujudnya pendekatan saintiific ,discovery learning, project based,
problem based, inquiry learning, dan high order thinking skills , dalam
pembelajaran.
4.Pelaksanaan Penilaian sesuai dengan kebutuhan dan
kaidah-kaidah penilaian authentic assessment, penggunaan penilaian acuan
kriteria, dan portofolio.
5.Pengelolaan Kurikulum bagi kepala sekolah dan pengawas
sekolah mencakup fasilitasi perubahan
mindset berkenaan dengan keterbukaan, keyakinan,
dan penerimaan terhadap kurikulum 2013, program membangun budaya sekolah,
penyusunan penyusun RKS, pelaksanaaan pengelolaan kurikulum 2013, termasuk
pengelolaan pembelajaran tematik terpadu di SD dan SMP, serta pengelolaaan mata
pelajaran dan program peminatan peserta didik di SMA/SMK, fasilitasi untuk
mewujudkan kepemimpinan pembelajaran dalam pelaksanaan supervisi kademik,
evaluasi program, pelaksanakan penataan dokumen/administrasi sekolah yang
mendukung keterlaksanaan kurikulum 2013 Disamping materi pendampingan di atas,
pelaksanaan pendampingan juga diarahkan pada upaya menghimpun berbagai kendala
dan alternatif pemecahan masalah implementasi kurikulum di masing-masing satuan
pendidikan.
BENTUK LAPORAN PENDAMPINGAN DAN KURIKULUM
untuk lebih lengkapnya berikut ini saya lampirkan contoh laporan pendampingan.
bisa di download disini
Sedangkan kurikulum untuk SD Bisa di Download Disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar